Daftar JKN-KIS Pengganti BPJS Yang Dihapus Juli 2022

Pemerintah saat ini tengah menyusun dan mempersiapkan kelas standar untuk menghapus kelas BPJS yang selama ini sudah berjalan yaitu BPJS kelas 1, 2 dan 3.

Kelas Standar BPJS ini nantinya mulai diberlakukan di 18 rumah sakit vertikal yang dikelola langsung oleh pemerintah melalui departemen kesehatan.

Untuk anda yang saat ini masih menggunakan BPJS untuk bisa tetap mendapatkan pelayanan kesehatan dan senantiasa membayar iuran BPJS tiap bulannya.

Sebagai salah satu opsi layanan kesehatan publik yang bisa anda gunakan adalah dengan memanfaatkan dan mendaftar ke program JKN-KIS.

Adapun Jaminan kesehatan dan manfaat yang bisa anda peroleh adalah sama saat anda menggunakan BPJS dan JKN-KIS tersebut.

Cakupan wilayah yang dicover oleh JKN-KIS juga mencakup seluruh wilayah Indonesia dan tentu saja JKN-KIS tidak dipungut biaya sama sekali alias GRATIS karena seluruh biaya di subsidi oleh pemerintah.

Selain manfaat jaminan kesehatan yang ditanggung oleh pemerintah bagi anda pemegang kartu JKN-KIS, pemerintah juga memberikan bantuan mulai dari Rp.300.000 rupiah hingga 1.200.000 rupiah berupa bantuan BANSOS yang bisa anda cek secara langsung melalui website > dtks.kemensos.go.id

Bantuan Pemerintah Pemegang JKN-KIS

Berikut ini adalah daftar bantuan pemerintah bagi anda pemegang kartu JKN-KIS yang diberikan untuk masing-masing elemen masyarakat, mulai dari ibu hamil hingga penyandang disabilitas dan lansia dengan besaran bantuan untuk masing-masing yang diberikan selama jangka waktu dalam satu tahun.

  • Ibu Hamil akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3.000.000 / tahun
  • Siswa SD mendapatkan bantuan sebesar Rp 900.000 / tahun
  • Siswa SMP mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.500.000 / tahun
  • Siswa SMA mendapatkan bantuan sebesar Rp 2.000.000 / tahun
  • Disabilitas dan lansia mendapatkan bantuan sebesar Rp 2.400.000

Selain bantuan tunai langsung, pemegang kartu JKN-KIS juga akan mendapatkan bantuan pangan non tunai (BPNT) berupa kartu sembako dengan nominal sebesar Rp 200.000 / bulannya.

Untuk mengetahui dan mengecek apakah nama anda sudah terdaftar dan berhak untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, silahkan ikuti link berikut ini untuk detail lengkapnya

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *